Minggu, 31 Januari 2010

Merawat Bayi



Memiliki momongan merupakan dambaan setiap keluarga, karena itu kita harus selalu memperhatikan perawatannya sejak masih bayi. Karena bayi sangat lemah dan sensitif dan memerlukan perawatan khusus dan menyeluruh. Merawat bayi harus dengan penuh kasih sayang agar bayi merasa nyaman, karena hal itu akan mempengaruhi psikologis dan emosional bayi. Walaupun bayi belum bisa bicara, akan tetapi bayi bisa merasakan stres yang menyebabkan bayi selalu rewel. Yang tak kalah penting dalam merawat bayi adalah memperhatikan makanan, minuman, kebersihan diri dan juga pakaiannya.

Setiap wanita/ibu pasti ingin merawat sendiri bayinya. Akan tetapi saat ini banyak wanita/ibu-ibu yang harus bekerja di luar rumah dan memiliki kesibukan yang menyebabkan dia tidak bisa merawat sendiri bayinya dan menyerahkan kepada baby sitter.

Pilihlah baby sitter yang sabar, penuh kasih sayang, tangkas merawat bayi anda dan tentunya menyukai anak-anak. Namun jangan sepenuhnya menyerahkan tugas perawatan bayi kepada baby sitter apalagi kepada pembantu. Anda harus meluangkan waktu lebih banyak untuk bayi anda. Karena bagaimana pun kasih sayang baby sitter atau pun pembantu kepada bayi anda mereka tetap orang lain. Dan akan sangat lebih baik jika bayi itu dirawat oleh mamanya sendiri.

Perhatian dan kasih sayang sangat penting bagi bayi karena itu bisa membuatnya tenang. Sesekali ajaklah bayi anda jalan-jalan untuk memperkenalkannya pada lingkungan sekitar dan dunia luar. Jangan mengurung bayi anda di dalam rumah terus menerus karena dapat menyebabkan bayi takut berinteraksi dengan orang lain atau pun dunia luar.

Berikanlah bayi anda mainan yang aman dan mendidik, Seperti angka-angka, huruf-huruf yang berwarna-warni karena selain mempengaruhi perkembangan otak juga membantu penglihatan. Jangan biarkan bayi anda berada dalam ruangan yang gelap, karena itu selalu sediakan alat penerang lain seperti senter untuk berjaga-jaga bila tiba-tiba listrik padam.

Bila bayi anda sudah mulai bisa membalikkan badan, merangkak, anda harus lebih berhati-hati, jangan sampai bayi anda terjatuh. Anda juga harus menjauhkan barang pecah belah, sebisa mungkin letakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh bayi.

Anda jangan lupa memperhatikan kebersihan bayi, pakaian dan juga lingkungan tempat tinggal. Gantilah popok bayi sesering mungkin. Hindarkan bayi dari binatang peliharaan, untuk menghindarkan dari penyakit takso yang menular melalui virus binatang peliharaan. Karena bayi masih sangat sensitif dan rentan.

Bayi anda akan tumbuh menjadi bayi yang sehat bila anda memberikan perawatan yang tepat dan selalu memperhatikan perkembangan bayi anda. Perhatikanlah perkembangan bayi anda baik fisik maupun emosional dan yang tidak kalah penting adalah perkembangan otak bayi. Jangan biarkan bayi anda mengalami stres.

Perbanyaklah informasi mengenai perawatan bayi yang bisa anda dapatkan dari berbagai sumber seperti majalah, dll. Jangan segan untuk bertanya kepada yang lebih ahli seperti dokter atau pun orang tua.

Semoga bermanfaat bagi anda dan bayi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar