Senin, 01 Februari 2010

Tips Memberikan Makanan Bervariasi Untuk Anak



Anak-anak sangat susah diberikan makanan yang bervariasi, agar anak-anak mau makan makanan yang bervariasi harus dimulai sejak usia bayi. Bayi yang hanya makan makanan kesukaannya, akan susah mengembangkan rasa suka terhadap berbagai jenis makanan dan akan menjadi susah makan atau rewelfussy eaters. Semua bayi tentu mengalami masa-masa itu tapi jangan khawatir, yang terpenting adalah tetap memberikan menu makanan yang bervariasi saat pemberian makanan tambahan agar bayi mendapatkan semua gizi yang dibutuhkan.

Sejak bayi berusia 6 bulan, anda boleh memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi anda. Berikan makanan pendamping ASI secara bertahap. Berikanlah bubur tim yang bertekstur lembut, semakin bertambah usianya anda boleh memberikan makanan yang lebih padat dan bervariasi.

Anak akan belajar mengenali makanan yang diasup, karena itu perkenalkan banyak makanan kepada anak, dengan memberikan menu yang bervariasi setiap hari. Hindari makanan yang terlalu manis, asam atau asin. Saat bayi berusia 1 tahun anda boleh memberikan nasi, tapi berikan secara bertahap.

Bila anak anda tidak mau makan nasi, berikan dia makanan lain yang mengandung karbohidrat sebagai ganti nasi, misalkan biskuit. Jangan mengganti karbohidrat dengan telur, karena telur hanya banyak mengandung protein.

Banyak cara yang bisa anda lakukan, agar anak anda mau makan makanan yang bervariasi.

* Buatlah acara makan jadi menyenangkan, dengan menyajikan makanan dalam berbagai bentuk unik, seperti bentuk wajah.

* Berikan makanan dengan porsi kecil dengan menu dan rasa yang berbeda, sehingga kalau dia tidak suka menu yang satu dia bisa mencoba menu yang lain. Dan anda bisa menambahkan jika dia menyukainya, tapi ingat jangan jangan sampai terlalu kenyang.

* Bila bayi anda memuntahkan makanan, itu hal yang biasa, jangan putus asa, cobalah memberikan menu yang sama beberapa hari kemudian, bisa anda siasati dengan mencampur menu favoritnya.

* Cicipilah makanan bayi atau anak anda, lalu bergumamlah bahwa makanan itu enak, sehingga dia akan tergiur untuk mencicipi.

* Biasanya anak suka makan ramai-ramai, jadi tak ada salahnya jika anda memberinya makan bersama sepupunya atau teman-temannya, agar suasana makan jadi lebih menyenangkan.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar