Rabu, 03 Februari 2010

Merawat Tali Pusar Bayi



Menjadi seorang ibu pasti sangat didambakan setiap orang, tapi bagaimana jika anda memiliki momongan untuk pertama kali? Anda pasti merasa sangat bahagia tapi juga bingung dengan perawatan bayi yang baru lahir apalagi anak pertama, anda belum punya pengalaman sama sekali. Tapi tidak usah khawatir, ada beberapa hal tentang perawatan bayi yang baru lahir, yang membuat sedikit kekhawatiran dan bingung.

*Merawat tali pusar,
Tidak perlu khawatir karena tali pusar akan lepas dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 14 hari. Yang terpenting adalah bagaimana menjaga dan merawat kebersihannya agar terhindar dari infeksi.

*Cara perawatan yang benar adalah dengan berusaha membiarkan tali pusar selalu dalam keadaan kering dan bersih. Tali pusar yang lembab akan memancing jamur dan infeksi juga membuat lama terlepas. Dan jangan sampai terkena kotoran saat bayi buang air besar atau air kecil.

*Berikan perawatan khusus pada tali pusar setelah mandi, Setelah mengeringakan seluruh tubuh bayi dengan handuk termasuk tali pusar, bersihkan tali pusar dengan kapas yang telah dicelup air matang. Lakukan dengan lembut mulai dari pangkal hingga ke ujung.

*Bungkus dengan kain kering, tidak perlu membungkusnya, cukup dilipat saja, agar tetap mendapatkan udara.

*Ingat selalu perhatikan keadaan tali pusar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar