Rabu, 03 Februari 2010

Perawatan Kuku Bayi



Kuku bayi terlihat sangat mungil, karena itu banyak orang tua merasa takut menggunting kuku bayi karena takut melukainya.

Kuku lebih tahan serangan kuman, tetapi bila kuku selalu dalam keadaan lembab bisa menjadi sarang jamur dan kuman. Apalagi bayi suka memasukkan jarinya ke mulut sehingga kukunya terus-menerus lembab. Karena itu kebersihan kuku harus dijaga dan harus selalu dalam keadaan kering. Perhatikanlah beberapa hal saat memotong kuku bayi.

*Selalu perhatikan panjang kuku bayi, karena pertumbuhan kuku bayi lebih cepat dibandingkan orang dewasa.

*Potonglah kuku bayi jika sudah terlihat panjang dan tajam, karena walaupun terlihat tipis dan lemah, kuku yang panjang dan tajam bisa menggores kulit bayi.

*Potonglah kuku bayi setelah mandi, karena masih lunak sehingga mudah digunting. Tapi bila bayi anda tidak bisa diam, sebaiknya potong kukunya saat dia tidur.

*gunakan gunting kuku yang khusus untuk bayi, tak ada salahnya anda membersihkan gunting kuku terlebih dahulu sebelum digunakan dengan alkohol 70%. bersihkan kotoran yang ada dibalik kuku bayi dengan kapas yang dibasahi air hangat.

*Jangan terlalu sering memotong kuku, karena akan mempermudah terjadinya kerusakan kulit di sekitar kuku.

*Jika terjadi luka saat memotong kuku bayi, jangan terlalu panik, segera bersihkan darah dengan kapas dan segera beri antiseptik, dan bila perlu gunakan sarung tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar