Jumat, 05 Februari 2010

Penting!!! Untuk Bayi


Walaupun setiap ibu dan ayah yang baru saja memiliki momongan sudah dibekali dengan pengetahuan tentang perawatan bayi, yang bisa didapat dari berbagai buku panduan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

*Saat ada yang menengok bayi anda, jangan sungkan untuk meminta mereka mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi anda karena bayi yang baru lahir masih sangat rentan dan perlu waktu untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mintalah mereka jangan terlalu dekat dengan bayi apalagi mereka yang sedang batuk atau flu.

*Bayi yang baru lahir sangat mudah kepanasan. Jadi kenakan pakaian bayi yang tidak terlalu tertutup dan sesuai dengan cuaca sehingga dia merasa nyaman, tidak kepanasan juga tidak kedinginan.

*Kebiasaan bayi adalah memasukan apapun yang dipegangnya ke dalam mulut. Jadi jangan biarkan bayi/anak anda bermain dengan kunci, apalagi saat giginya mulai tumbuh. Kunci biasanya mengandung timah, walaupun kadarnya lemah, tetap merupakan salah satu faktor penurunan IQ.Kadar timah yang tinggi bisa menyebabkan penurunan otak.

*Sebaiknya bayi anda tidur telentang. Penelitian menunjukan bayi yang tidur tengkurap di atas selimut yang lembut beresiko 21 kali lipat terserang SIDS (sudden Infant Death Syndrome/sindrom kematian bayi mendadak) dibanding bayi yang tidur telentang di atas selimut yang terlalu lembut atau mudah bergeser.

*Ada bayi yang tenang dan tidak rewel dan orang tua mengira bayinya tidak lapar. Hal ini ternyata keliru. Beri makan/minum pada bayi secara teratur dan perhatikan apakah dia sudah cukup makan/minum atau belum. Tanda-tanda bayi cukup makan/minum adalah bila bayi mengompol paling tidak 6 kali dalam sehari pada usia satu minggu pertama kelahirannya. Bila anda tidak melihat kondisi ini segera konsultasikan ke dokter.

*Banyak orang tua yang meminta dokter untuk memberikan anti biotik pada buah hatinya yang sedang sakit. Padahal anti biotik tidak baik untuk sakit yang disebabkan oleh virus yang umum seperti flu, muntah-muntah, diare, dan sakit tenggorokan (kecuali bila infeksi yang disebabkan oleh bakteri streptokokus). Selain itu kebiasaan mengkonsumsi anti biotik menyebabkan bayi menjadi kebal dan pada saat yang diperlukan anti biotik menjadi tidak berfungsi.

*Bila bayi mulai merangkak, periksa seluruh sudut ruangan. Sering sekali kita mendengar ada anak tetangga kita hidungnya kemasukan benda-benda keicl, bahkan ada juga yang sampai menelan uang logam dan nyangkut di tenggorokan. Karena itu singkirkan benda-benda berbahaya yang dapat dijangkau anak-anak. Seperti vas, atau barang pecah belah lainnya, benda-benda runcing, pindahkan stop kontak yang ada di bawah dan juga obat-obatan dari jangkauan anak-anak.

*Jangan menganggap bahan alami aman bagi anak anda sampai anda mendapat kepastian dari dokter. Selalu konsultasikan ke dokter tentang obat-obatan alami yang ada dapatkan.

1 komentar:

  1. Blog dengan tema yang bagus dan menarik. Kebetulan zaujahku mau dapet momongan yang ke 4.Mohon ijin untuk link blog ini ya?

    BalasHapus